Hubungan antara Prestasi Praktikum Laboratorium dengan Pencapaian Target Kompetensi Praktek Klinik KDPK Mahasiswa Tingkat I Kebidanan D3

Ika Agustina
Abstract views : 103 | PDF views : 131

Abstract


Praktek di laboratorium sangatlah diperlukan dalam menunjang prestasi praktek laboratorium.Adanya penurunan antara prestasi praktek laboratorium dengan pencapaian target kompetensi KDPK sehingga menyebabkan rendahnya pencapaian target kompetensi praktek klinik KDPK yang disebabkan rendahnya kemampuan mahasiswa karena mahasiswa kurang latihan pada saat di laboratorium pada waktu laboratorium skill. Rancangan penelitian adalah analitik korelasional dengan populasi adalah mahasiswa sebanyak 40 mahasiswa dengan menggunakan teknik total sampling. Untuk variabel independen adalah prestasi praktek laboratorium, variabel dependen yaitu pencapaian target kompetensi praktek klinik KDPK.Pengukuran data menggunakan lembar check list dan rekapan perolehan target kemudian hasilnya dianalisa dengan menggunakan Mann Whitney. Hasil yg didapatkan dari penelitian ini prestasi praktek laboratorium sebagian besar adalah nilai AB (42,5%) sedangkan pencapaian target kompetensi praktek klinik KDPK sebagian besar target terpenuhi  sebesar (90%). Diketahui nilai Mann Whitneyp = 0,731 maka nilai ini lebih dari α = 0,05.Hasil analisis menunjukkan tidak ada hubungan antara prestasi praktek laboratorium dengan pencapaian target kompetensi KDPK mahasiswa tingkat I kebidanan D3. Dengan adanya penelitian ini diharapkan mahasiswa terus melatih keterampilannya untuk mempersiapkan praktek klinik selanjutnya.

Keywords


Praktek; Laboratorium; Kompetensi

Full Text:

PDF

References


Dina. (2012). Seminar Nasional Kebidanan Upaya menurunkan AKI dan AKB di Indonesia "Prediksi dan tatalaksana kegawat daruratan kebidanan pra-rumah sakit Tanggal 19 Februari 2012Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi V, Jakarta : Rineka Cipta.

Djamarah. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Novitasari, F. 2010. Praktek Klinik Kebidanan Dalam Upaya Pencapaian Kompetensi Mahasiswa Pada Asuhan Kebidanan Ibu Bersalin. Universitas Sebelas Maret.

Pusdiknakes (2005), Buku Panduan Pendidikan Kebidanan. Jakarta: Pusdiknakes.

STIKes Patria Husada Blitar. (2011). Proposal Laboratorium Skill Mahasiswa Reguler Semester 3. Blitar.

STIKes Patria Husada Blitar. (2011). Silabus Mata Kuliah KDPK. Blitar.




DOI: 10.26699/jnk.v6i1.ART.p044-050


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ners dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Ners and Midwifery p-ISSN: 2355-052X. e-ISSN: 2548-3811 is published by STIKes Patria Husada Blitar.

Indexed In :

Google-ScholarDOAJ