Hubungan Kejadian Flour Albus dengan Tingkat Kecemasan terhadap Infeksi Maternal pada WUS

Eko Sri Wulaningtyas, Evita Widyawati
Abstract views : 448 | PDF views : 4184

Abstract


Kecemasan adalah perasaan tidak nyaman atau ketakutan besar yang tidak pasti, yang terjadi sebagai reaksi terhadap sesuatu yang dialami oleh seseorang, seperti masalah kesehatan. Salah satu masalah kesehatan yang penting bagi wanita adalah fluor albus. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kejadian fluor albus dan kecemasan terhadap kejadian infeksi maternal pada wanita di Desa Campurejo, Kabupaten Kediri. Desain penelitian adalah survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wanita di Kecamatan Campurejo sebanyak 227 wanita, sedangkan sampel diambil dengan menggunakan purposive sampling. Pengukuran variabel dilakukan melalui kuesioner. Data dianalisis menggunakan uji Chi Square. Hasil analisis adalah x2 = 10,996>9,488, menunjukkan bahwa ada hubungan antara prevalensi fluor albus dan kecemasan terhadap terjadinya infeksi maternal pada wanita di Desa Campurejo, Kabupaten Kediri. Wanita yang memasuki usia subur diharapkan menjaga kebersihan organ reproduksi.

Keywords


Flour Albus, Anxiety, Maternal Infection

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, K. D. 2015. Hubungan pengetahuan, Sikap dan Per ilaku Keseh atan Repr oduksi den gan Kejadian Keputihan (Flour Albus) pada Siswi SMA- Sederajat di Wilayah Tangerang Selatan.Skripsi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Bahari, H. 2012. Cara Mudah Atasi Keputihan. Jakarta: Buku Biru

Boyke.2 0 08 . Tan d a D an Ge j al a Ka n ke r M u lu t Rahim.http://www.pdpersi.co.id. (diakses tanggal 05 januari 2018).

Kursani, E, Marlina, H Olfa, K : Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Terjadinya Flour Albus (Keputihan) Pada Remaja Putri di SMA PGRI Pekanbaru Tahun 2013. Jurnal Maternity and Neonatal Volume 2 No 1.

Eny, R A,. 2008. Asuhan Kebidanan Nifas. Jogjakarta: Mitra Cendikia offset

Hawari, H. D. 2013. Manajemen Stress Cemas dan Depresi. Jakarta: FK UI

Keliat, B. A. 2009. Proses Keperawatan Jiwa. Jakarta: EGC

Khuzaiyah, S., Krisiyanti, R., Mayasari, C. M. 2015. Karakteristik Wanita dengan Flour Albus. Jurnal Ilmiah Kesehatan (JIK) VII (1)

Kumalasari, I. & Andhyantoro, I. 2012. Kesehatan Reproduksi untuk Mahasiswa Kebidanan dan Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika

Manuaba, IAC., I Bagus, dan IB Gde. 2010. Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan dan KB untuk Pendidikan Bidan. Edisi kedua. Jakarta: EGC

Nugroho 2008. Keperawatan Gerontik. Buku Kedok- teran EGC: Jakarta.

Prawirohardjo, S. 2014. Ilmu Kandungan. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo

Riyadi, S & Sujono, T. 2009. Asuhan Keperawatan Jiwa. Yogyakarta: Graha Ilmu

Tjitraresmi A., Kusuma, S. A. F., Rusmiati, D. 2010. Formulasi dan Evaluasi Sabun Cair Antikeputihan dengan Ekstrak Etanol Kubis Sebagai Zat Aktif.




DOI: 10.26699/jnk.v5i2.ART.p123-128


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ners dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Ners and Midwifery p-ISSN: 2355-052X. e-ISSN: 2548-3811 is published by STIKes Patria Husada Blitar.

Indexed On :