Sikap Remaja tentang Triad KRR (Seksualitas, Napza, HIV/AIS) di Kelompok PIK R tahap Tegar)

Sunarti Sunarti
Abstract views : 797 | PDF views : 4291

Abstract


Di Indonesia angka kejadian remaja yang mengalami kasus Triad KRR masih tinggi. Remajapernah melakukan seks bebas sebesar 35,9%; pengguna napza sebesar 45,04% dan terkena HIV/AIDS sebesar 45,9%. Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan sikap remaja tentang Triad KRR (Seksualitas,Napza,HIV/ AIDS) di Kelompok PIK R Tahap Tegar Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh remaja kelompok PIK R tahap tegar Kota Blitar sebanyak 47 remaja, dan besar sampel yang diambil adalah 47 orang menggunakan teknik total sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan kuesioner closed-ended multiple choice questions. Waktu pengambilan data dilakukan selama 3 hari dengan teknik klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa remaja anggota PIK R Tahap Tegar di Kota Blitar mempunyai sikap positif tentang Triad KRR yaitu sebanyak 57,4%dan sikap negatif sebanyak42,6% (20 remaja). Sikap positif dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya usia, pernah mendapat informasi tentang Triad KRR, sumber informasi, kegiatan PIK R yang pernah dilakukan. Sikap negatif dipengaruhi oleh lama remaja ikut kelompok PIK R dan pelaksanaan program PIK R di masing-masing tempat. Rekomendasi penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi program sosialisasi yang telah diadakan oleh pembina Bapemas serta diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan untuk menyusun program lebih lanjut yang berkaitan tentang Triad KRR (Seksualitas,Napza, HIV/AIDS).

Keywords


Sikap; Remaja; Triad KRR (Seksualitas, Napza, HIV/AIDS)

Full Text:

PDF

References


Azwar. 2003. Sikap Manusia. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sikap Manusia. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional. 2012. Pedoman Pengelolaan Pusat Informasi dan Konseling Remaja dan Mahasiswa (PIK Remaja/ mahasiswa). Jakarta: Direktorat Bina Ketahanan Remaja.

Bapemas dan Keluarga Berencana Daerah Kota Blitar. 2009. Panduan Pengelolaan Pusat Informasi Dan Konseling Remaja (PIK Remaja). Jakarta.

BNN Kota Blitar. 2014. Siapa Bilang Pakai Narkoba Itu Keren?. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sita, P.S. 2013. Pengaruh Kebudayaan Asing Terhadap Kebudayaan Indonesia Di Kalangan Remaja. Surabaya: ITS.

Setyoso, Thomas. 2013

Vidiyanti, PD. 2015 . Pengetahuan dan Sikap Remaja Dalam Upaya Pencegahan HIV/AIDS. Jurnal Ners dan Kebidanan,Vol.2, No.1, hh 60-66.




DOI: 10.26699/jnk.v5i2.ART.p105-110


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ners dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Ners and Midwifery p-ISSN: 2355-052X. e-ISSN: 2548-3811 is published by STIKes Patria Husada Blitar.

Indexed In :

Google-ScholarDOAJ