Latihan Range of Motion untuk Perubahan Kualitas dan Kuantitas Nyeri Penderita Osteoarthriti

Caturia Sasti Sulistyana, Susanti Susanti
Abstract views : 19 | PDF views : 1

Abstract


Osteoartritis merupakan suatu penyakit degeneratif kerusakan kartilago sendi yang progresif pada lansia. Keluhan tersering penderita osteoartritis adalah rasa kaku serta adanya nyeri, spasme otot dan disability. Salah satu terapi non farmakologis untuk mengatasi nyeri adalah latihan Range of Motion (ROM). Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh latihan ROM terhadap kualitas dan kuantitas nyeri penderita osteoarthritis di Banyu Urip Lor RW 7 Surabaya. Desain penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan pre-post test with control group, pada sampel 26 orang lansia yang menderita osteoartritis dengan menggunakan teknik purposive sampling. Latihan ROM dilakukan 3 kali seminggu selama 4 minggu. Analisis data yang digunakan adalah uji wilcoxon dan mann whitney. Hasil uji statistik Wilcoxon pada kelompok kontrol pre-post didapatkan P<0,05 (0,025) dan kelompok perlakuan pre-post didapatkan P<0,05 (0,001), artinya ada pengaruh latihan range of motion terhadap kualitas dan kuantitas nyeri penderita osteoarthritis. Hasil uji statistik Mann-Whitney didapatkan P<0,05 (0,006), artinya ada beda kualitas dan kuantitas nyeri antara kedua kelompok. Latihan ROM adalah latihan menggerakkan sendi seoptimal mungkin sesuai kemampuan klien. Latihan ROM dapat meningkatkan kelenturan dan kekuatan otot, serta merangsang sirkulasi darah. Implikasi hasil penelitian ini adalah latihan ROM dapat dilakukan oleh penderita osteoartritis secara rutin untuk mengurangi rasa nyeri.

Keywords


Osteoarthritis, Nyeri, Latihan Range of Motion

Full Text:

PDF

References


Akbar, A. (2014). Pengaruh Metode Penyuluhan (Kie) Terhadap Pengambilan Keputusan Ber-Kb Ditinjau Dari Tingkat Pendidikan (Studi Eksperimen Pada Pus Non Akseptor Kb Di Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto). UNS (Sebelas Maret University).

FITRIANSYAH, R. (2017). Analisis Pengaruh Pertumbuhan Penduduk Dan Inflasi Terhadap Tingkat Pengangguran Di Kota Bandar Lampung Dalam Perspektif Ekonomi Islam Tahun 2008-2015. UIN Raden Intan Lampung.

Harnani, Y., Marlina, H., & Kursani, E. (2015). Teori Kesehatan Reproduksi. Deepublish.

HERIATI, D. (n.d.). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengetahuan Ibu Tentang Penggunaan Iud Post plasenta di rumah sakit umum daerah dr. Zainoel abidin tahun 2013.

Hervilia, d., & munifa, d. (2016). PANDANGAN SOSIAL BUDAYA TERHADAP ASI EKSKLUSIF DI WILAYAH PANARUNG PALANGKARAYA (SOCIAL AND CULTURAL ASPECT TOWARD EXCLUSIVE BREASTFEEDING IN PANARUNG PALANGKARAYA). INDONESIAN JOURNAL OF HUMAN NUTRITION, 3(1), 63–70.

Indiarti, m. T. (2017). Meraih kehamilan: teknik menunda, menghindari dan mendapatkan kehamilan dengan metode sehat alami: elmatera. Diandra kreatif.

Kependudukan, b., & nasional, k. B. (2016). Laporan kinerja instansi pemerintah 2015. Jakarta: bkkbn.

Lumbanraja, s. N. (2015). Asi dan aspek klinisnya.

Nani, s. A. (2017). Hubungan pengetahuan ibu bekerja yang menyusui tentang asi eksklusif dengan pemberian pengganti asi (pasi) pada bayi umur 0-6 bulan di puskesmas pageruyung kabupaten kendal. Ilmu kesehatan, 8(1), 5–15.

Pempropsu. (2017). Profil kesehatan sumatera utara.

Putri, v. Y., & lisnawaty, l. (2018). Studi psikografis dalam pemilihan dan penggunaan alat konntrasepsi pada masyarakat suku bajo di desa bajo indah kecamatan soropia kabupaten konawe tAHUN 2017. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat, 3(1).

Rofiani, R., & Ratnawati, R. (2016). HUBUNGAN SIKAP, MOTIVASI, DAN PERILAKU IBU DALAM MENGKONSUMSI TABLET FE DENGAN KEJADIAN ANEMIA PADA IBU HAMIL TRIMESTER III DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KEDUNGWUNI II KABUPATEN PEKALONGAN.

Subiyatun, S., Dasuki, D., & Wahyuni, B. (2011). Hubungan antara Pemberian Informasi dengan Pemilihan Metode atau Alat Kontrasepsi Rasional (Kajian Data Proyek SM-PFA di Jawa Tengah dan Jawa Timur Tahun 2002). Berita Kedokteran Masyarakat, 27(2), 101.

Susanti, H. A. (2015). Strategi Komunikasi Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Jurnal ASPIKOM, 2(4), 243–254.

Utara, D. K. P. S. (2015). Profil Kesehatan Provinsi Sumatera Utara Tahun 2010. Medan: Dinkes Sumatera Utara.

Yanti, G., & Handayani, S. (2014). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Dengan Pelaksanaan Metode Amenorea Laktasi (MAL) Pada Ibu Nifas Di Wilayah Kerja Puskesmas Kecamatan Sukoharjo Lampung.

YUSTINA DWI AGUSTIN, N. (2015). PENGETAHUAN IBU NIFAS TENTANG KONTRASEPSI METODE AMENORE LAKTASI (MAL) Di BPS Bidan Saudah Desa Polorejo Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.




DOI: 10.26699/jnk.v6i3.ART.p276-282


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ners dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Ners and Midwifery p-ISSN: 2355-052X. e-ISSN: 2548-3811 is published by STIKes Patria Husada Blitar.

Indexed In :

Google-ScholarDOAJdimensionsgaruda_indexSinta_2