Efek Kartu Kendali Edukasi Inisiasi Menyusu Dini pada Ibu Hamil Trimester III

Muldaniyah Muldaniyah, Mardiana Ahmad, Veni Hadju
Abstract views : 137 | PDF views : 86

Abstract


Pencapaian Inisiasi Menyusu Dini (IMD) di Indonesia masih sangat rendah, hal ini disebabkan rendahnya pengetahuan ibu dalam pelaksanaan IMD. Terkait dengan hal  ini maka dibutuhkan instrumen yang tepat untuk menambah pengetahuan ibu hamil secara komperehensif.
Tujuan : Penelitian ini bertujuan mendesain dan memvalidasi kartu kendali edukasi IMD pada ibu hamil trimester III yang dapat digunakan oleh bidan dalam meningkatkan pengetahuan IMD pada ibu kartu tersebut di desain dan diuji coba terlebih dahulu oleh beberapa tim ahli untuk divalidasi kepada beberapa orang sampel sebelum akhirnya digunakan kepada sampel pasien.
Metode Penelitian : jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain one gruppretest – posttes with kontrol. Populasi penelitian ini adalah semua ibu hamil di Puskesmas Jumpandang Baru Makassar, tehnik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. jumlah sampel sebanyak 60 orang kemudian dibagi menjadi 2 kelompok.  Yang akan di berikan perlakuan satu kelompok menggunakan kartu kendali satu kelompok tanpa menggunakan kartu kendali Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diberikan kepada responden sebelum dan sesudah edukasi. Analisis menggunakan uji Chisquare, Mannwhitney dan Friedman. kartu kendali edukasi divalidasi oleh 3 tim ahli yaitu ahli komunikasi, konselor laktasi dan kebidanan.
Hasil Penelitian : terdapat pengaruh kartu kendali edukasi dalam meningkatkan pengetahuan ibu hamil tentang IMD dengan nilai P = 0,000 yaitu pengetahuan kurang sebelum edukasi 40,5, setelah pemberian edukasi pertama menggunakan kartu pengetahuan ibu meningkat menjadi 50,17, pada edukasi edukasi ke dua menjadi 60,17 dan pada edukasi terakhir menjadi 73,17  Hal ini membuktikan bahwa kartu kendali edukasi dapat meningkatkan pengetahuan ibu hamil akan praktik IMD
Kesimpulan : kartu kendali edukasi IMD pada ibu hamil terbentuk dan terbukti dapat meningkatkan pengetahuan ibu hamil tentang IMD secara signifikan.
Saran : penggunaan kartu kendali edukasi dalam meningkatkan pengetahuan praktik IMD perlu dimulai sejak trimester II kehamilan.


Keywords


Kartu; Kendali; Edukasi; Pengetahuan; IMD

Full Text:

PDF

References


Acharya, P, Khanal, V. 2015. The effect of mother’s educational status on early initiation of breastfeeding: further analysis of three consecutive Nepal Demographic and Health Surveys. BMC Public Health

Agni Agnes S, 2016. The Effect Of Education Of Early Breastfeeding Initiation To Midwives’ knowledge, Attitude And Loyalty To ConductEbi In Probolinggo Municipality. Jurnal Medika Respati Vol Xi Nomor 2 Issn : 1907 – 3887

Anjasmara J. et al. 2015. A Correlation Between Mother’s Knowledge On Early Breastfeeding And Mother’s Participation On Doing Early Breastfeeding. Vol.07,No.01,

Azwar, S. 2012. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Citrakesumasari, et al. 2011. Perubahan Pengetahuan, Sikap Ibu Hamil Setelah Edukasi Dan Praktek Inisiasi Menyusu Dini, Program Studi Ilmu Gizi Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin

Creedy DK, Cooke M. 2008. Assessing Midwives’ Breastfeeding Knowledge: Properties Of The Newborn Feeding Ability Questionnaire And

Emmot, Emily H. et al. 2015. Practical Support From Fathers And Grandmothers Is Associated With Lower Levels Of Breastfeeding In The UK Millennium Cohort Study. Journal Practical Support And Maternal Breastfeeding In The UK. DOI:10.1371

Florence T. U. Latuharhary, et al 2014. Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Inisiasi Menyusu Dini . Jurnal E-Clinic, Volume 2, Nomor 2,

Glanz O., (2008). Diffusion of Innovations.Dalam R. V. Glanz, Health Behavior andHealth Education (hal. 319-320). SanFrancisco: Jossey Bass.

Jana A, Henny Dwi Susant, I. D. P. 2015. Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Inisiasi Menyusu Dini (Imd) Dengan Partisipasi Ibu Melakukan Imd, Jurnal : FIKES Universitas muhammadiyah malang 7(1)

Lin, C., Kuo, S., Lin, K., & Chang, T. 2012. Evaluating effects of a prenatal breastfeeding education programme on women with caesarean delivery in Taiwan. Journa Maternal Of neonatal (1), 2838–2845

Mallik, S., Dasgupta, U., Naskar, S. 2013. “Knowledge of breast feeding and timely initiation of it amongst post natal mothers : An experience from a baby friendly teaching hospital of a metropolitan city .” IOSR Journal Of Dental and Medical Sciences, 4(1), 25–30

Maulana, H.D.J. (2009). Promosi kesehatan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Mubarok. 2010. Promosi Kesehatan. Jogjakarta : Graha Ilmu

Notoadmodjo Soekidjo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta

Nursalam. 2011. Konsep Dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: SalembaMedika.

Nuryanti. 2013. Praktek Inisiasi Menyusui Dini Di Rsia Sitti Khadijah.Media Gizi Masyarakat Indonesia, Vol.2, No.2

Oberhelman, R.A., Potts, K.S., Taub, L.D., Var, C. 2015. What Health Service Support Do Families Need For Optimal Breastfeeding. An In Depth Exploration Of Young Infant Feeding Practices In Cambodia. IJWH. 7, 249-257

Ramlah S, Veni Hadju, S. S. 2014. Early Initiation of Breastfeeding Education on Knowledge, Attitude RSIA Pertiwi Pregnant Woment in Makassar

Sharma, A., et al. 2016. Factors associated with early initiation of breastfeeding among mothers of tribal area of Madhya Pradesh, India : a community based cross sectional study.International Journal of Community Medicine and Public Health, 3(1), 194–199

Sharma Indu K, Abbey Byrne. 2016. Early Initiation Of Breastfeeding: ASystematic Literature Review Of Factors And Barriers In South Asia. Sharma And Byrne International Breastfeeding Journal 11:17

Sinha Bireshwar et al. 2015. Interventions To Improve Breastfeeding Outcomes: A Systematic Review And Meta-Analysis Acta Pædiatrica Nurturing The Child

Su, Lin-Lin., Chong, Y.S., Chan, Y.H. (2007). Antenatal Education And Postnatal Support Strategies For Improving Rates Of Exclusive Breastfeeding : Randomised Controlled Trial. BMJ. 335:596. Doi:10.1136/Bmj.39279.656343.55

Tahlil, T. et al 2016. Peningkatan Pengetahuan , Sikap Dan Tindakan Ibu Dalam Memberikan Asi Eksklusif Melalui Edukasi Kelompok The Improving Knowledge , Attitude , And Action Mother Breasfeeding Through Group Education.Jurnal Ilmu Keperawatan, 34–45

Triyanti et al. 2013. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Inisiasi Menyusu Dini Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Ibu Hamil Perawat. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah Stikes Kendal Volume 3 No 2

Vieira, T. O., Vieira, G. O. et al. 2010. Determinants of breastfeeding initiation within the first hour of life in a Brazilian population : cross-sectional study.BMC Public Health, 10(1)




DOI: 10.26699/jnk.v6i2.ART.p147-155


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ners dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Ners and Midwifery p-ISSN: 2355-052X. e-ISSN: 2548-3811 is published by STIKes Patria Husada Blitar.

Indexed In :

Google-ScholarDOAJdimensionsgaruda_indexSinta_2