Pengembangan sistem pendaftaran pasien rumah sakit umum X Malang Tahun 2017

Fajar Juli Nursanti, Tita Hariyanti, Nofita Dwi Harjayanti
Abstract views : 47 | PDF views : 18

Abstract


ABSTRAK

Waktu tunggu merupakan komponen penting dalam pelayanan si rumah sakit dan merupakan pintu gerbang pertama yang berperan penting dalam memberikan kesan pertama yang baik bagi pasien. Antrian di loket pendaftaran yang panjang dan lama menyebabkan tidak efektifnya pelayanan pasien secara keseluruhan dan membuat pasien tidak nyaman, pada akhirnya kepuasan pasien akan rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan lamanya waktu tunggu pelayanan pendaftaran di RSU X Malang. Penelitian dilakukan mulai September 2017 sampai dengan Oktober 2017.Data dikumpulkan dengan study literature, pengamatan dengan lembar observasi dan wawancara dengan bagian pendaftaran, perawat poli, perawat IGD dan bagian humas. Data menunjukkan bahwa waktu tunggu pelayanan pendaftaran Rumah Sakit Umum X tergolong lama. Untuk mempersingkat waktu tunggu pelayanan perlu dilakukan pengembangan sistem pendaftaran pasien di Rumah Sakit Umum X Malang dengan membuat alur dan informasi yang jelas bagi pasien, menambah tenaga di bagian informasi dan menyediakan Standar Prosedur Operasional (SPO) pendaftaran pasien.


Full Text:

PDF

References


Bielen F, Demoulin N. Waiting time influence on the satisfaction-loyalty relationship in services. Managing Service Quality: An International Journal. 2007; 17(2):174-193.

Bayhaqi Y. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, dan Keunggulan Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Dampaknya Pada Minat Membeli Ulang (Studi Kasus: Pada Auto Bridal Semarang) thesis]. Tidak diterbitkan. Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro. 2006.

Dewi UA. Hubungan Waktu Tunggu Pendaftaran Dengan Kepuasaan Pasien Di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan (TPPRJ) RSUD Sukoharjo thesis]. Tidak diterbitkan. Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2015.

Dwi FH. Deskripsi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Waktu Tunggu Pendaftaran Di TPPRJ RSUD Tugurejo Semarang Tahun 2013. Skripsi, Fakultas Kesehatan. 2013.

Fuanasri AS, A. Wigati,PA. Analisis Alur Pelayanan Dan Antrian Di Loket Pendaftaran Pasien Rawat Jalan. Semarang. 2014; 2.

Profil Rumah Sakit X Tahun 2017. Malang: Rumah Sakit X; 2017.

Kepmenkes RI Nomor 129/Menkes/ SK/II/2008 tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit.

Bustani NM, Rattu AJ, Saerang JS. Analisis Lama Waktu Tunggu Pelayanan Pasien Rawat Jalan Di Balai Kesehatan Mata Masyarakat Propinsi Sulawesi Utara. Jurnal e-Biomedik. 2015; 3(3).

Norman D. The Psychology of Waiting Lines. Online.; 2008 [updated. http://www.jnd.org/ms/Norman%20The%20Psychology%20of%20Waiting%20Lines.pdf [diakses 27 September 2017].

Indrianto A. Analisis Antrian Pada Pelayanan Jasa Gadai. Study Kasus Perum Pegadaian Cabang Condong Catur Yogyakarta thesis]. Tidak diterbitkan. Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta. 2008.

Setyarini EA, Herlina LL. Kepatuhan Perawat Melaksanakan Standar Prosedur Operasional Pencegahan Pasien Resiko Jatuh di Gedung Yosep 3 Dago dan Surya Kencana Rumah Sakit Borromeus. Jurnal Kesehatan. 2013.




DOI: 10.26699/jnk.v5i2.ART.p154-158


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ners dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Ners and Midwifery p-ISSN: 2355-052X. e-ISSN: 2548-3811 is published by STIKes Patria Husada Blitar.

Indexed On :

Portal_GarudaSinta_2    ESJIndex_logo1OAISISgaruda_index

dimensions