Hubungan Kinerja Petugas Kesehatan dengan Kepuasan Masyarakat dalam Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Adan-Adan Kabupaten Kediri Tahun 2017

Authors

  • Romaji Romaji STIKes Patria Husada Blitar

DOI:

https://doi.org/10.26699/jnk.v4i3.ART.p192-195

Keywords:

Kinerja Petugas Kesehatan, Kepuasan Masyarakat

Abstract

Masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan juga memiliki harapan pelayanan yang baik, cepat, ramah, sopan. Hal ini merupakan wujud kinerja petugas pelayanan yang akan dinilai oleh pelanggannya. Jika kinerja baik maka pelanggan akan terpuaskan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kinerja petugas kesehatan dengan kepuasan masyarakat dalam pelayanan kesehatan di Puskesmas Adan-Adan Kabupaten Kediri Tahun 2017. Desain penelitian analitik korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi semua pengguna layanan puskesmas di Puskesmas Adan-Adan Kabupaten Kediri dengan sampel 100 responden diambil dengan teknik kuota sampling. Variabel bebas kinerja petugas kesehatan dan terikatnya kepuasan masyarakat dalam pelayanan kesehatan di analisis dengan uji korelasi dari spearman. Dari hasil penelitian diketahui hampir seluruh responden memiliki persepsi kinerja petugas dengan kategori baik yaitu 76 responden (76%), sebagian besar responden sangat puas terhadap pelayanan kesehatan yaitu 55 responden (55,6%) dari total 100 responden dan ada hubungan kinerja petugas dengan kepuasan dalam pelayanan kesehatan (p value = 0,000 < 0,05 Ho ditolak). Tingkat hubungan cukup kuat dan positif (Correlation coefficient = 0,717) artinya semakin baik persepsi tentang kinerja petugas kesehatan maka semakin puas masyarakat dalam pelayanan kesehatan dan sebaliknya. Hal ini disebabkan dengan adanya penampilan kinerja petugas yang baik maka harapannya untuk mendapatkan pelayanan yang baik sudah terpenuhi. Disimpulkan bahwa kinerja petugas kesehatan menajdi faktor dominan untuk terwujudnya kepuasan masyarakat dalam pelayanan kesehatan. Disarankan agar petugas kesehatan tetap memperta- hankan kinerjanya dalam pelayanan kesehatan demi tercapainya kepuasan pelanggan

References

Andriani, Aida. 2017. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Diruangan Poli Umum Puskesmas Bukittinggi. Sumatera Barat: Program Studi DIII Keperawatan STIKes Yarsi Sumbar Bukit tinggi.

Sari. 2008. Manajemen Pemasaran Usaha Kesehatan. Yogyakarta: Mitra Cendekia Press.

Downloads

Published

2017-12-01

Issue

Section

Article